Susunan Rangka Tubuh Manusia

May 1, 2010 at 6:02 am (Uncategorized)

Tulang-tulang yang menyusun rangka tubuh manusia dapat dikelompokkan menjadi 3 bagian, yaitu tulang tengkorak, tulang badan, dan tulang anggota gerak.

Tulang Tengkorak

Fungsi utama tulang tengkorak adalah melindungi otak. otak adalah organ yang lunak dan memiliki fungsi yang sangat penting. Tulang tengkorak terdiri atas 22 tulang pipih yang saling berhubungan dan membentuk rongga. Tulang tengkorak terdiri atas 2 kelompok, yaitu tulang tengkorak bagian kepala(tulang tempurung kepala) dan tulang tengkorak bagian wajah.

1. Tulang Tengkorak bagian kepala

Tulang tengkorak bagian kepala mengelilingi dan melindungi organ yang sangat vital yaitu otak. Ketika kita lahir, bagian-bagian tulang tengkorak bagian kepala belum menyatu sempurna. Tetapi selama pertumbuhan, tulang-tulang tersebut menyatu membentuk tempurung kepala.
Tulang tengkorak bagian kepala terdiri atas 10 buah tulang, yaitu 1 tulang tengkorak belakang, 1 tulang dahi, 2 tulang ubun-ubun, 2 tulang pelipis, 2 tulang tapis dan 2 tulang baji.

2.Tulang Tengkorak bagian Muka

Tulang tengkorak bagian muka terletak pada bagian muka kepala. Tulang tersebut membentuk rongga mata, rongga hidung dan langit-langit. tulang tengkorak bagian muka terdiri dari 2 tulang rahang atas, 2 tulang rahang bawah, 2 tulang tipi, 2 tulang mata, 2 tulang hidung, dan satu tulang pangkal lidah. Tulang rahang bawah merupakan satu-satunya tulang yang dapat digerakkan pada bagian kepala.

Tulang Badan

Tulang badan berfungsi menopang tubuh secara keseluruhan. Terdiri dari:

1. Tulang belakang

berperan untuk menyangga tulang tengkorak, menyokong tubuh, menjaga kestabilan tubuh, dan tempat melekatnya tulang-tulang rusuk. Tulang belakang terdiri dari 33 ruas tulang belakang yaitu 7 ruas tulang leher, 12 ruas tulang punggung, 5 ruas tulang pinggang, 5 ruas tulang kelangkang yang menyatu, dan 4 ruas tulang ekor yang menyatu.

2. Tulang dada

merupakan tempat melekatnya tulang rusuk bagian depan. Tulang dada terdiri dari 3 jenis tulang, yaitu bagian hulu (tangkai), bagian badan, dan bagian taju pedang.

3.  Tulang rusuk (iga)

terdiri dari 3 jenis tulang, yaitu 7 pasang tulang rusuk sejati, 3 pasang tulang rusuk palsu, dan 2 pasang tulang rusuk melayang.

4. Tulang gelang bahu

terdiri dari 2 tulang belikat dan 2 tulang selangka. Tulang ini melekat pada tulang rusuk.

 

Tulang Anggota Gerak

terdiri dari dua bagian, yaitu bagian atas dan bagian bawah.

1. Tulang anggota gerak bagian atas (tangan atau lengan)

terdiri dari 2 tulang lengan atas, 2 tulang pengumpil, 2 tulang hasta, 16 tulang pergelangan tangan, 10 tulnag telapak tangan, dan 28 tulang jari tangan.

2. Tulang anggota gerak bagian bawah (kaki atau tungkai)

terdiri dari 2 tulang paha, 2 tulang tempurung lutut, 2 tulang kering, 2 tulang betis, 14 belas tulang pergelangan kaki, 10 tulang telapak kaki, dan 28 tulang jari kaki.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: